Aek Kanopan - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Labuhanbatu Utara menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) pada seluruh OPD dan Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara pada Hari Senin (21/11/2022) di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Utara dengan mengundang Kasubbag Umum dan Kepegawaian di masing-masing OPD dan membaginya dalam 4 (empat) sesi untuk efektivitas kegiatan.
Sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Labuhanbatu Utara Ibu Siti Mahanim, SKM didampingi oleh Kepala Bidang Kearsipan Ibu Handra Ria Hutauruk, SP beserta Arsiparis, Penyuluh Kearsipan dan Pranata Kearsipan.
Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Dispersip menyampaikan bahwa arsip merupakan bukti nyata dalam aktivitas pemerintahan dan dengan adanya aplikasi SRIKANDI ini mampu merekam semua arsip Labuhanbatu Utara dengan baik yang menjadi akuntabilitas dan memori kolektif bangsa dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, sehingga penting untuk disosialisasikan bagi OPD dan Kecamatan di Lingkungan Pemerintah kabupaten Labuhanbatu Utara.
Sosialisasi dan Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama dan kolaborasi antara Dispersip dan Diskominfo Labura. Dimana dalam pengembangan dan pembinaan penerapan aplikasi Srikandi, Dispersip memiliki peran dalam unsur proses bisnis dan data dan Diskominfo dalam unsur teknologi, informasi, komunikasi dan keamanan.
Diskominfo melalui Kepala Seksi Operasionalisasi Sistem Informasi dan Pengembangan Situs Web Pemerintah Daerah, Bapak Adam Kurniawan Margolang, S.Kom dan rekan kerja Eka Saputra, S.Kom mengajak setiap peserta sosialisasi untuk melengkapi akun administrator yang merupakan persyaratan penerapan aplikasi Srikandi, yang dimulai dari ganti pasword, input unit kerja, jabatan dan pengguna melalui alamat srikandi.layanan.go.id. Diberikan pelatihan bagaimana membuat unit kerja, jabatan, dan pengguna sehingga tercipta Bagan Unit Kerja dan Bagan Jabatan yang sesuai SOTK masing-masing OPD dan Kecamatan.
Untuk kedepannya akan diberikan Bimtek Aplikasi Srikandi bagi OPD dan Kecamatan, dengan menjelaskan setiap fitur yang ada dan pengaplikasiannya.